Pages

Sunday 11 September 2011

Membuat Passport untuk anak (Balita)

Di sini saya akan berbagi tentang cara pengurusan Passport anak-anak(kalau yang untuk dewasa syarat-syaratnya sesuai dengan yang tertulis di papan pengumuman)
Jangan sampai kalian bolak-balik cuma gara-gara syaratnya kurang lengkap,duh ngabisin waktu banget,apalagi yang rumahnya seperti saya...Malang Selatan

Syarat untuk mengurus Passport untuk anak (yang masih Balita)
  1. KK asli & foto copy
  2. Akte lahir asli & foto copy
  3. Foto copy Passport ortu,untuk ini salah satu saja .Ayah atau Ibu.
  4. Foto copy KTP ortu,untuk ini semuanya
  5. Foto copy surat nikah ortu...hehehe yaa pastilah surat nikah ortunya...
  6. Surat pernyataan dari ortu. Nah untuk surat ini di sediakan di kantor imigrasi,tinggal beli aja.
Nah setelah syarat-syaratnya terpenuhi semua,baru isi formulirnya yang telah di beli di koperasi,jangan lupa beli materai untuk di tempel disurat pernyataan ortu.
Setelah itu kasikan ke loket untuk ambil no antrian,tunggu sebentar setelah di panngil ambil lagi mapnya,nah kita dah dapat no antrian.
Setelah itu tunggu lagi di depan loket yang tadi untuk dipanggil lagi.Mungkin lumayan aga lama,karena di situ adalah pemeriksaaan syarat-syaratnya apakah sudah lengkap apa belum.
Harus sabar ya menunggu gilirannya....
Nah setelah di panggil,ngadep deh sama yang bertugas,di periksa syarat-syaratnya,di tanyain nama anaknya,suami/istri....macem-macem wes,tapi ya seputar keluarganya.Yaa mungkin emang prosedurnya gitu,buat ngetes aja apa yang di urus ini bener-bener anaknya atau bukan.Biar meyakinkan gitu....santai aja ga perlu takut atau grogi.

Setelah selesai ntar kita di kasi kertas trus suruh balik 2hari lagi.
setelah 2 hari kita balik,trus ke loket sebelahnya dan ngantri lagi buat bayar.Seperti sebelumnya nunggu nama kita di panggil.
Setelah bayar baru ke ruang foto & sidik jari juga untuk wawancara.
wawancaranya cuma sekedar di tanya tentang identitas aja,setelah wawancara selesai nunggu lagi giliran buat foto sekalian sidik jari.
setelah foto selesai kita pulang lagi dan kita balik lagi 3 hari setelah itu. hehehe ternyata setelah foto passport ga langsung jadi....masih harus nunggu lagi...
nah setelah 3 hari kita datang lagi tinggal ngambil deh di bagian loket pengambilan passport...
Tunjukin kwitansinya,,,ntar kita di kasi passport....alhamdulillah...akhirnya passport anak ku jadi...
Gampang kan,ga susah kok.Jangan takut untuk mengurusi surat-surat diri kita. Bagaimanapun susahnya lebih baik kita urus sendiri,jadi kita bisa dapat pengalaman dari situ. tapi semua ga ada yang susah kalau kita mengikuti prosedur yang ada.....
SELAMAT MENCOBA

2 comments:

  1. Info mantap, tp kalo ortunnya jg msh dalam pengurusan passport gmn??? Apakah passport si ortu selesai dl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu Ortu harus punya passport dulu.

      Delete